Kolam berisi ikan besar dan ikan kecil

Sore ini saya mendapat sebuah pelajaran, yaitu tentang kehidupan beberapa ekor ikan mas yang sudah besar-besar, dan beberapa ekor ikan mas warna-warni yang berukuran kecil.

Di dalam kolam, terdapat beberapa ekor ikan mas berukuran besar, yang sudah dipelihara dalam waktu yang cukup lama. Dulu, ikan-ikan itu berukuran kecil, sehingga diberikan makanan ikan atau pelet yang berukuran kecil, dan mereka pun makan dengan lahapnya.

Seiring dengan waktu, ikan-ikan mas yang semula kecil tadi mulai tumbuh, dan mulai membesar, sehingga makanan mereka juga berubah menjadi makanan ikan berukuran besar.

Tak lama setelah ikan-ikan mas tadi menjadi besar, dimasukkan beberapa ekor ikan mas warna-warni yang berukuran kecil. Kemudian disebarkan kembali pelet yang berukuran besar ke kolam tersebut.

Semua ikan makan dengan lahapnya, kecuali ikan mas yang masih berukuran kecil, karena mulutnya yang kecil jadi tidak dapat langsung memakan satu butir pelet berukuran besar, sehingga mereka hanya bisa berenang membawa satu butir pelet, kemudian memakannya sedikit demi sedikit.

Kejadian pemberian pelet berukuran besar ini berlangsung selama satu bulan. Kemudian dicoba diberikan pelet berukuran kecil agar ikan-ikan yang berukuran kecil mudah memakannya.

Ikan-ikan mas yang berukuran kecil tadi, hanya membiarkan pelet ukuran kecil tadi. Berbeda dengan ikan mas yang sudah berukuran besar, mereka tahu bahwa itu adalah makanan mereka sehingga mereka tetap memakannya dengan lahap.

Dicoba kembali menebarkan pelet berukuran besar, kali ini ikan-ikan mas yang kecil dan besar mulai berebut makanan, dan mulai makan dengan lahap.

 

Manusia, yang mulai berusaha dari Nol, mengetahui pahit manis kehidupan, akan mudah menerima apa adanya yang ada di dunia ini. Besar ataupun kecil, semua akan disyukuri.

Berbeda dengan manusia yang sudah terbiasa hidup enak, akan cenderung kurang memahami segala sesuatu yang terlihat kecil. Padahal banyak hal besar di dunia ini yang berawal dari sesuatu yang kecil.

Sekarang, seperti yang manakah kita? Ikan besar atau ikan kecil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *