Berita menyesatkan di media massa, mengenai bangkrutnya Toshiba dan Panasonic

Akhir-akhir ini muncul sebuah berita menyesatkan di media massa, mengenai bangkrutnya dua perusahaan elektronika besar di dunia, Toshiba dan Panasonic.

Yang sangat disayangkan, masyarakat di Indonesia hanya mendengar sebuah berita secara sekilas, tanpa diperhatikan lebih lanjut mengenai isi beritanya.

Contoh sumber berita yang mungkin menjadi tren saat ini :

  • http://bisnis.tempo.co/read/news/2016/02/02/090741484/panasonic-dan-toshiba-tutup-2-600-an-pekerja-dipecat
  • http://bisnis.liputan6.com/read/2426800/toshiba-dan-panasonic-tutup-ini-jawaban-pemerintah
  • http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/02/03/073309526/Pabrik.Panasonic.dan.Toshiba.Tutup.2.500.Pekerja.Kena.PHK

Jika dibaca dan dipahami secara seksama/teliti, berita itu isinya mengenai penutupan Pabrik Lampu PT Panasonic Lightning di Cikarang dan Pasuruan, serta penutupan Pabrik Televisi Toshiba di Cikarang. Bukan penutupan perusahaan secara total di Indonesia.

Masyarakat umum, saat ini mudah termakan isu yang dibesar-besarkan, serta trik media masa untuk menarik perhatian publik.  Padahal jika dipahami, isu berita ini sangat membawa dampak besar kepada dua perusahaan ini.

Banyak yang langsung takut untuk membeli produk dari dua perusahaan ini, padahal beritanya hanya mengenai penutupan pabrik, bukan bangkrut.

Lalu dengan besarnya akibat isu ini, apakah media massa yang menyebarkan berita dengan judul yang salah dan menyesatkan mau menanggung akibat dari kerugian yang muncul? Tidak.

Misalnya kemudian saya buat sebuah isu mengenai Media Massa berperan sebagai medium provokasi untuk memecah belah kesatuan Indonesia, mereka dengan mudah langsung menuntut saya. Sungguh sebuah ketidakadilan, dan semua ini hanya karena kebiasaan mendengar/melihat berita secara sekilas, tanpa memahami arti dari sebuah berita.

2 Replies to “Berita menyesatkan di media massa, mengenai bangkrutnya Toshiba dan Panasonic”

  1. Iya gan, emang sekarang pada banyak yang share tanpa baca2 dulu. Saya aja hampir kemakan isunya.

    Btw oot nih gan, pake vps promoteus yang berapaan perbulan?

    1. Saya sekarang pakai yang Prometeus KVM Italy, yang sekitar $3.9/bulannya mas.
      Uptimenya masih beberapa hari, karena bulan lalu saya restart dan lakukan install ulang untuk konfigurasi baru, setelah hidup selama setahun 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *