Scam penulisan artikel mengatasnamakan Blanja.com

Beberapa hari lalu ada seseorang yang mengaku dari Blanja.com, salah satu anak perusahaan Telkom menghubungi saya melalui form Contact yang ada di blog ini, menawarkan kerjasama untuk penulisan artikel mengenai situs Blanja.com.

Ada banyak kejanggalan yang didapat dari email tersebut. Misalnya, seseorang dari sebuah situs besar, justru mempergunakan email gratisan dari Gmail, serta mempergunakan akses internet dari ISP lain, yaitu Three.

Scam dari Blanja.com

Scam dari Blanja.com

Bukankah jika memang berasal dari situs asli, orang akan lebih merasa bangga dengan mempergunakan nama email dari situs asli, dan bukan email gratisan dari Gmail?

Kedua, jika berasal dari anak perusahaan Telkom, bukankah seharusnya untuk keperluan akses internetnya mempergunakan ISP dari perusahaan sendiri, yaitu Telkom?

Berikut ini adalah cuplikan komunikasi melalui email :

conversation-1

conversation-2Malam itu juga, saya langsung membuat posting review mengenai situs Blanja.com, namun saya tunggu sampai hari ini, tanggal 31 Mei 2015, tidak lagi ada kabar. Jadi, mungkin ada beberapa pengunjung yang sempat membaca artikel review situs Blanja.com tadi.

Akhirnya saya putuskan bahwa email kemarin adalah scam.

Untuk catatan juga, posting ini tidak akan dihapus, sampai ada seseorang yang menghubungi saya mempergunakan email dari situs Blanja.com untuk melakukan klarifikasi.

Blanja.com, akhirnya memang saya buatkan artikel di blog ini, sesuai dengan tujuan awal permintaan, namun tidak mengulas kelebihan dan kekurangan situs tersebut, tapi sebagai scammer, yang disebabkan oleh ulah seseorang.

2 comments

  1. Sabar mas, mungkin masih dalam proses? Maklum, kalo itu memang perusahaan besar (anak telkom) biasanya perlu review bertahap.
    Di-whois aja domainnya.. dari penelusuran singkat sih ada kaitannya sama metraplasa, which is telkommetra group

    1. Dari whois, dibuat metraplasa, kemarin googling termasuk anak perusahaan Telkom juga mas.
      Cuman yang aneh, kok yang menghubungi saya pakai email Gmail dan pakai Three.
      🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *