Windows 7 tidak mendeteksi USB karena Mobogenie dan malware

Sore ini salah seorang teman membawa komputer ke kantor, karena komputernya tidak bisa mendeteksi USB Flash Disk maupun Modem.

Untuk beberapa saat, muncul Mobogenie dan Baidu PC Faster di desktop, dan langsung kepikiran bahwa penyebabnya adalah karena dua software itu. Dan ternyata memang benar.

baidu-1

mobogenie

Mobogenie dan Baidu PC Faster adalah contoh software yang iklannya akan membuat kinerja komputer maupun hp menjadi lebih cepat, padahal kenyataannya justru merekalah yang membuat komputer maupun handphone bermasalah. Malware yang berpura-pura sebagai software untuk mempercepat kinerja, sungguh sangat merugikan bukan?

 

Perbaikan kali ini dilakukan dengan memakai HijackThis, namun file library masih bandel untuk dihapus.

hijackthis

Kemudian coba dilakukan scanning memakai MalwareBytes Antimalware, dan hasilnya sekitar 200 entry terdeteksi sebagai malware, lalu dihapus.

mbam

Pada komputer telah terinstall Kaspersky, namun sepertinya karena versi Trial, jadi kerjanya tidak maksimal. Contoh program yang mungkin tidak usah dipakai 😀

Sebagai pengguna, tentunya versi Trial harus mampu memberikan contoh kemampuan suatu produk, nah ini malah ga bisa mendeteksi malware, lalu untuk apa beli Full Versionnya?

Setelah malware yang terdeteksi oleh MalwareBytes Antimalware dihapus, dan komputer direstart, alhamdulillah USB bisa kembali terdeteksi, dan modem bisa bekerja kembali. 🙂

 

Kalau ada yang masih tidak bisa mendeteksi USB/Flashdisk/Modem, untuk Windows XP bisa dicoba tutorial berikut ini :

  • Buka Control Panel, dobel klik Administrative tools :

    control-panel-administrative-tools

  • Pilih Services

    services-removable-storage

  • Dobel klik Removable Storage, set Startup Type ke Automatic, kemudian klik tombol Start

    start-removable-storage-service

2 comments

  1. Mmm, sepertinya persis masalah komputer teman saya kang, dia sampai 2 x tukar Wireless USB karena gak terdetek. Saya curiga ya memang di windowsnya yang bermasalah karena kebanyakan teman2 hobby download file2 gak jelas dan maen install2 aja.

    Solusi yang saya tawarkan, lapor ke bagian aset, untuk di service dan minta install ulang wkwkwk, karena terus terang saya males betulin komputer kantor, kecuali yang saya pake sendiri (skrg punya pribadi semua). Apalagi ada anggarannya…. 😀

    1. Hehehe… Disini ada 2 komputer yang memakai windows XP, dan satu komputer teman yang memakai Windows 7.
      Semuanya kasusnya sama, tidak bisa mendeteksi USB, dan juga selalu muncul iklan di sebelah kiri dan kanan. Ternyata ada yang download program aneh aneh, dan sekalian menginstall program aneh yang lainnya. 😀

      Kalau minta bagian aset, dan kalau terlalu sering, lama-lama nanti jadi malu ya mas? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *