IP Mailserver Telkom 203.130.196.151 masuk blacklist spam

Sore ini ketika saya membuka email, ternyata ada pemberitahuan dari MXtoolbox bahwa IP Telkomhosting 203.130.196.151 yang juga dipergunakan oleh pelanggan Corporate telah masuk daftar blacklist.

Kasus yang sama, terjadi juga beberapa waktu lalu. Beberapa teman mengeluh tidak dapat mengirimkan maupun menerima email, dan setelah saya periksa, ternyata IP Telkomhosting masuk blacklist. Dan saya lakukan permintaan untuk remove IP tersebut dari spamhaus, dan alhamdulillah diterima, email kembali normal setelah 30 menit kemudian.

Namun, karena kali ini terjadi kasus yang sama, biarlah team IT di perusahaan yang mencari solusinya, karena mereka dibayar untuk masalah seperti ini.

telkom-blacklisted

Beberapa kemungkinan yang mengakibatkan IP Telkomhosting 203.130.196.151 kembali masuk daftar blacklist :

  • Ada salah satu komputer yang dipergunakan di kantor terkena virus/trojan/worm/terserahlah apa jenis dan namanya, melakukan pengiriman email atau spamming tanpa disadari.
  • Ada seseorang yang memiliki akses email yang juga memakai IP Telkomhosting 203.130.196.151, dan sengaja melakukan spamming ataupun komputernya telah terinfeksi dan tanpa disadari telah melakukan spamming

Misalnya memang benar masalahnya ada di salah satu komputer kantor di Indonesia, biarlah team IT yang mencari solusinya. Entah itu dengan merubah port untuk email, ataupun menerapkan pemakaian certificate dan pgp 🙂

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *