Transaksi jual beli Bitcoin di Bitcoin.co.id

Saya ingin mencoba melakukan transaksi jual beli Bitcoin di Bitcoin.co.id untuk mengetahui cara kerjanya dan juga karena mereka adalah sebuah perusahaan yang berlokasi di Indonesia.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu saya tempuh mulai dari deposit Bitcoin sampai bisa ditarik ke rekening bank.

 

Deposit Bitcoin

Setelah mendaftar dan melakukan verifikasi melalui email, kita dapat melakukan deposit Bitcoin dengan cara mengirimkan ballance Bitcoin ke alamat yang tertera di Menu Finansial. Proses verifikasi deposit memerlukan waktu sekitar 30menit atau selama waktu yang diperlukan untuk melakukan 1x konfirmasi dari sistem.

bitcoin-1-deposit-btc

Untuk melakukan transaksi penjualan bitcoin, kita apat melakukannya dari halaman awal kemudian di bagian bawah ada menu Jual Bitcoin. Tinggal masukkan berapa nominal Bitcoin yang mau dijual.

bitcoin-2-jual-btc

Untuk proses transaksi saya, penjualan dilakukan dua kali, sehingga contohnya seperti ini :

bitcoin-3-transaksi

 

Setelah transaksi selesai, kita akan melihat saldo Rupiah di bagian atas. Dan jika kita ingin menarik saldo tersebut, tinggal masukkan nilai uang yang akan ditarik beserta data banknya.

bitcoin-4-penarikan-rupiah

Hal yang perlu diperhatikan dalam penarikan uang, adalah biaya administrasi yang dikenakan adalah Rp. 25.000, dan apabila transaksinya lebih dari 25juta hanya 1%.

Jadi bila kita ingin menarik uang senilai Rp. 110.000, maka kena biaya administrasi sebesar Rp. 25.000. Sehingga uang yang kita terima adalah Rp. 110.000 – Rp.25.000 = Rp. 85.000

Berikut adalah contoh transaksi saya :

bitcoin-5-mutasi

Dari pengalaman ini, saya merasa agak dirugikan, karena potongan Rp. 25.000 sangat terasa bagi saya. Karena jika saya melakukan transaksi withdrawal dari exchanger diluar negeri hanya kena fee 1%. Dan itu tidak ada batasan minimum transaksinya.

Berikut jika kita mengacu pada FAQ

bitcoin-6-faq

Selama ini jika melakukan transaksi di situs luar negeri, saya hanya kena fee 1%, dan itupun bukan untuk administrasi, melainkan karena kena biaya otomatis dari network, misalnya withdraw ke wallet Bitcoin akan terpotong 1% dari sistem.

Jadi, untuk melakukan transaksi jual Bitcoin, saya tidak akan memakai jasa Bitcoin.co.id, kecuali jika saldo Bitcoin saya lebih dari 25juta.

Untuk transaksi pembelian Bitcoin, “mungkin” saya akan mempergunakan jasa Bitcoin.co.id karena kemudahan transfer dana, jika dibandingkan harus melakukan transfer uang ke luar negeri.

One Reply to “Transaksi jual beli Bitcoin di Bitcoin.co.id”

  1. terimakasih untuk info pengetahuan bermanfaat dan cara-cara lengkap dengan gambar yang memudahkan langsung praktek 🙂
    dilihat postingan master admin dari 2014 dan screenshoot bitcoin nya yang masih di angka 5juta, tampaknya 2015 ini bitcoin lumayan menurun drastis yah 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *