Menu Close

Wabah sweet-page yang mengganggu browser

Beberapa hari ini, teman-teman saya yang di Bandung dan Cirebon tiba-tiba menghubungi saya karena mengalami masalah dalam mengakses internet, dalam hal ini yaitu masalah akses portal Customer Service yang dipergunakan di kantor kami.
Langkah perbaikan saya lakukan memakai Teamviewer, karena lokasi yang jauh, dan kalau harus didatangi justru memakan waktu, sedangkan pekerjaan harus dilanjutkan saat itu juga.
Ketika kita membuka browser, misalnya Firefox/IE/Chrome dari Desktop/Start menu, sebetulnya shortcut untuk aplikasi tadi sudah ditambahi oleh sebuah program agar membuka situs sweet-page begitu shortcut tadi diklik.
Jadi, perlu dilakukan perbaikan terhadap shortcutnya terlebih dahulu, dengan cara klik kanan shortcut program, contoh disini adalah Firefox, lalu pilih Properties.
shortcut-1
firefox
Target, seharusnya adalah lokasi lengkap file, jika ada yang berbeda di belakangnya, dihapus saja.
 
Selanjutnya, klik shortcut firefox tadi, setelah terbuka, klik Tools – Addon, lalu hapus Extension yang aneh-aneh. Ini adalah contoh Extension standar di laptop saya :
extension
Kemungkinan Homepage Firefox/IE/Chrome juga sudah dirubah, jadi perlu kita kosongi agar tidak membuka situs sweet-page.com lagi.
option
Misalkan masih mengalami kesulitan dalam proses perbaikan secara manual, download saja HijackThis, lalu hapus entry yang aneh-aneh 🙂
Masih ga bisa juga? SMS/Whatsapp ke saya userid di Teamviewer sama passwordnya, kalau ada waktu akan saya bantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *