Testing Indian VPS provider, LeapSwitch

Dari beberapa posting di LET mengenai LeapSwitch, salah satu provider vps di India, akhirnya saya memutuskan ingin mencoba membeli KVM vps dari sana. Test pingnya sangat cepat, hanya 90ms dari Tasik.

Kesan pertama, saya masuk ke situsnya, lalu diterima oleh Ihsan di Livechat. Saya menanyakan apakah mensupport Windows, dan dijawab bisa, dan kalau perlu yang lebih, ada juga layanan khusus windows, daripada running windows di kvm.

Selanjutnya, saya melakukan order untuk KVM 512, melakukan pembayaran. Menerima email konfirmasi, lalu masuk ke SolusVM. Agak terkejut juga, diberitahukan bahwa tidak ada vps di SolusVM. Lalu saya tanyakan pada Ihsan di LiveChat, dan dijawab bahwa vpsnya dibuat di node yang salah, dan akan segera dibuat sebentar lagi. Ok, saya tunggu.

Berikutnya, saya menerima vps detailnya, dan sudah siap. Namun saya ingin mencoba Windows, dan di SolusVM ada ISO untuk Windows Server 2008. Saya coba install, hasilnya, proses installasi memakan waktu agak lama, padahal di Comstownit saja, yang KVM memory 512MB, 50GB HDD dan 10GB SSD, dengan biaya 2 Euro, cuman beberapa menit sudah selesai.

Next, karena kecewa dengan performa Windows di KVM, saya reinstall VPS dengan Debian, namun karena ingin memakai enkripsi di harddisk, saya harus melakukan installasi secara manual. Hasilnya, proses installasinya memakan waktu mungkin 30menit 🙁

Kesimpulan, ping cepat, namun kecepatan disknya lambaattt…. Mungkin akan dicancel sebentar lagi 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *